1000 Satuan PAUD dan Dikmas akan Dipetakan Mutunya di Tahun 2019

Asmuddin
Kategori Berita: Kegiatan Internal Balai 16 Mei 2019 | Dibaca 206x Diposting oleh: Asmuddin

1000 Satuan PAUD dan Dikmas akan Dipetakan Mutunya di Tahun 2019

Sebagai bagian dari pelaksanaan tugas dan fungsi BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan di bidang penjaminan mutu pendidikan, khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), sejak tahun 2016 Balai menyelenggarakan kegiatan pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas. 

Pemetaan mutu satuan pendidikan merupakan upaya untuk mengetahui tingkat kelayakan satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Sesuai dengan Perdirjen No. 1 tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Pemetaan Mutu, di bidang PAUD dan Dikmas sasarannya adalah seluruh  satuan PAUD dan Dikmas yang memiliki  Nomor  Pokok  Sekolah  Nasional  (NPSN) yang terdiri atas Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP),  lembaga Pendidikan  Anak Usia Dini (PAUD), Rumah Pintar, Sanggar Kegiatan  Belajar  (SKB)  sebagai  satuan  pendidikan  dan  satuan pendidikan sejenis lainnya.

Di tahun 2019, BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan menetapkan sasaran pemetaan mutu sebanyak 1000 lembaga yang tersebar di 24 kab./kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Dari jumlah tersebut, 89.3% atau 893 adalah lembaga PAUD, 6.3% atau 63 merupakan lembaga PKBM, dan sisanya sebanyak 4.4% atau 44 lembaga LKP. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 38.89% dari target awal sebanyak 720 lembaga.

Dari dokumen perencanaan pelaksanaan kegiatan, pemetaan mutu akan dimulai dari proses pengumpulan dan penginputan data ke aplikasi online, tahapan ini akan dilaksanakan oleh masing-masing pengelola Satuan Pendidikan. Tahapan selanjutnya adalah verifikasi data, kegiatan verifikasi ini dilaksanakan dengan melibatkan tim pemetaan kab./kota dan tim yang dibentuk oleh BP-PAUD dan Dikmas SulSel. Selanjutnya, data yang sudah diverifikasi akan dianalisis lebih lanjut terkait tingkat keterpenuhan 8 SNP dan permasalahannya.

Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan agar menghasilkan peta mutu satuan PAUD dan Dikmas yang dapat menggambarkan kondisi ril keterpenuhan SNP dan permasalahannya di setiap satuan pendidikan, Tim Seksi Informasi dan Kemitraan BP-PAUD dan Dikmas SulSel mengembangkan aplikasi identifikasi permasalahan yang merupakan aplikasi supporting terhadap aplikasi pemetaan mutu yang sudah ada sebelumnya.

Proses pemetaan mutu merupakan tahapan awal kegiatan pra akreditasi yang akan mendiagnosis tingkat ketercapaian SNP beserta permasalahannya, sehingga outputnya adalah berupa kesimpulan dan rekomendasi terkait dua hal yaitu : 1) Satuan Pendidikan siap dilanjutkan pada proses akreditasi; atau 2) masih memerlukan bimbingan dan pendampingan dari pihak terkait agar mampu memenuhi SNP. yang pada akhirnya memenuhi syarat untuk diakreditasi.

Pelaksanaan verifikasi terhadap data pemetaan mutu dan inputan identifikasi permasalahan mutu ditargetkan selesai pada akhir bulan Juni 2019.


(Sumber Berita: Asmuddin)

Asmuddin
Kategori Berita: Kegiatan Internal Balai 16 Mei 2019 | Dibaca 206x Diposting oleh: Asmuddin

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔23 Juli 2019

    Bimbingan Teknis Pamong Belajar SPNF-SKB Tahun 2019

  • Agenda
    🕔30 April 2019

    Focus Group Discussion (FGD) Validasi Draft Pengembangan Model Pembinaan Kursus dan Pelatihan Tahun 2019

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung