BPPAUD dan Dikmas Sulsel Gelar Bimtek bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD Angkatan Pertama

Tawakkal  Talib
Kategori Berita: Pendidikan Anak Usia Dini 07 Februari 2020 | Dibaca 235x Diposting oleh: Tawakkal Talib

BPPAUD dan Dikmas Sulsel Gelar Bimtek bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD Angkatan Pertama

Untuk peningkatkan pengetahuan dan kemampuan terhadap Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek).

Bimtek Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD  Angkatan Ke-1 dilaksanakan selama empat hari, dari tanggal 4  hingga 7 Februari 2020 bertempat Jl. Adyaksa No 2 Makassar.

Kegiatan tersebut, diikuti peserta dari perwakilan lembaga atau satuan PAUD yang belum terakreditasi dari pelaksanaan kegiatan Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas SulSel Tahun 2019.

Bimtek yang dibuka oleh Kepala Balai BP-PAUD dan Dikmas Sulsel Pria Gunawan ini, diikuti 52 peserta utusan dari 16 kabupaten dan kota di Sulsel.

Pria Gunawan dalam sambutannya mengatakan, perubahan nomenklatur di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan bisa mengimbangi pendidikan di negara-negara lain.

"Kita masih dianggap tertinggal dari negara lain perihal pendidikan," kata Pria Gunawan.

Ditambahkan pula bahwa betapa pentingnya penyusunan dokumen KTSP oleh lembaga atau satuan pendidikan. Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran yang digunakan sebagai pedoman kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan dari pendidikan, Ini sangat penting untuk peningkatkan pendidikan berkualitas bagi anak usia sesuai tujuan yang diharapkan.

Pria Gunawan berharap adanya kemajuan dari pesertanya untuk dapat menghasilkan kurikulum sesuai dengan syarat-syarat akreditasi

Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya BP-PAUD dan Dikmas Sulsel, Hernawati Syam dalam laporannya mengatakan, bahwa bimbingan teknis dilaksanakan terkait dengan tugas balai untuk meningkatkan mutu PAUD dan Dikmas, serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia.

Salah satu tujuan yang ingin dicapai melalui Bimtek ini adalah penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP.

"Ditahun 2019, Kami banyak mengunjungi lembaga satuan PAUD yang tidak lengkap / tidak sempurna KTSP-nya. Tidak mempunyai kurikulum satuan. Bahkan, ada yang pesan kurikulum dari lembaga lain untuk dibuatkan," kata Hernawati.

Selain kondisi tersebut menurut Hernawati ditemui juga ada lembaga yang kurikulumnya berbeda. Seperti jadwal pembelajarannya dari hari Senin hingga Sabtu misalnya, namun dalam aplikasinya hanya sampai hari Jumat.

Hernawati juga menyebut, masih kurangnya tingkat pemenuhan dokumen KTSP yang dimiliki oleh lembaga secara utuh karena kurangnya pengetahuan untuk menyusun KTSP yang sesuai persyaratan.

Salah satu persyaratan lembaga terakreditasi adalah memiliki dokumen KTSP yang lengkap dan sesuai persyarat yang telah ditentukan Badan Akreditasi Nasional (BAN).

Lebih lanjut, Hermawati mengungkapkan, dengan pelaksanaan bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi sumberdaya bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD.

Selama mengikuti bimtek, ada enam materi yang diberikan kepada peserta meliputi kebijakan, pengenalan dan penyusunan KTSP, penilaian dan pelaporan perkembangan anak, serta finalisasi dokumen KTSP.*** (diah)






(Sumber Berita: ST. Naadiah)

Tawakkal  Talib
Kategori Berita: Pendidikan Anak Usia Dini 07 Februari 2020 | Dibaca 235x Diposting oleh: Tawakkal Talib

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔17 Maret 2020

    Orientasi Teknis Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas di Sulawesi Selatan Tahun 2020

  • Agenda
    🕔24 Februari 2020

    Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Angkatan II bagi Satuan PAUD Tahun 2020

  • Agenda
    🕔12 Februari 2020

    Penyusunan Program Kerja dan Perjanjian Kinerja BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan Tahun 2020

  • Agenda
    🕔04 Februari 2020

    Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bagi Satuan PAUD

  • Agenda
    🕔23 Juli 2019

    Bimbingan Teknis Pamong Belajar SPNF-SKB Tahun 2019

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung