Bung Karno Nyalakan Api Berantas Buta Aksara

Rusdy Embas
Kategori Berita: Umum 07 September 2019 | Dibaca 104x Diposting oleh: Rusdy Embas

Bung Karno Nyalakan Api Berantas Buta Aksara

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, mengatakan, semangat memberantas buta aksara pertama kali disulut oleh Proklamator Kemerdekan Bangsa Indonesia, Bung Karno.

"Bantulah usaha pemberantasan buta huruf," kata Bung Karno.

Kalimat motivasi Bung Karno itu dikutip kembali oleh Mendikbud dalam sambutannya pada puncak acara Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) 2019 tingkat nasional yang dipusatkan di Lapangan Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan.

Peringtan HAI 2019 dan Festival Literasi yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 8 September 2019 ini dihadiri semua Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat dari seluruh Indonesia, hadir pula Dinas Pendidikan seluruh kabupaten dan kota se SulSel, serta lembaga kursus dan pelatihan.

Semangat memberantas buta aksara, lanjut Mendikbud, disulut pertama kali oleh Bung Karno, sejak awal kemerdekaan. Ketika itu angka buta aksara sangat tinggi, sekitar 97 persen.

Proklamator Kemerdekaan Bangsa Indonesia itu, kata Mendikbud, mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bahu-membahu memberantas buta aksara, karena ini merupakan amanat konstitusi kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa demi terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur. 

Bung Karno menurut Mendikbud, mencanangkan, pemberantasan buta huruf, bukan sebagai proyek atau pogram pemerintah, tetapi sebuah gerakan nasional. Gerakan bersama pemerintahan dan masyarakat yang saat itu dilaksanakan di lebih dari 18 ribu tempat dengan melibatkan lebih dari 17 ribu guru dan lebih dari 700 ribu warga masyarakat.

Berkat kerja keras dan usaha bersama serta bimbingan Tuhan Yang Maha Esa, gerakan nasional ini membuahkan hasil. Indonesia, bangsa yang pada awal kemerdekaan mayoritas buta aksara, namun setelah 74 tahun, telah berubah 180 derajat menjadi bangsa dengan mayoritas melek aksara, bangsa yang semakin literasi, dan semakin maju. (rusdy)


(Sumber Berita: Rusdy Embas)

Rusdy Embas
Kategori Berita: Umum 07 September 2019 | Dibaca 104x Diposting oleh: Rusdy Embas

Komentar Anda

Agenda

  • Agenda
    🕔23 Juli 2019

    Bimbingan Teknis Pamong Belajar SPNF-SKB Tahun 2019

  • Agenda
    🕔30 April 2019

    Focus Group Discussion (FGD) Validasi Draft Pengembangan Model Pembinaan Kursus dan Pelatihan Tahun 2019

  • Agenda
    🕔22 April 2019

    Orientasi Teknis Petugas Pengumpul Data dalam rangka Pemetaan Mutu Tahun 2019

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Kepala Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

  • Agenda
    🕔25 Maret 2019

    Bimbingan Teknis Pengelola PKBM

Selengkapnya

Change Language

Sosial Media

Statistik Pengunjung